Selasa, 03 Januari 2017

Cara kerja mesin 4 tak/4 langkah

1.langkah isap
      Pada langkah ini, terjadi pemasukan campuran bahan bakar dengan udara yang telah diubah menjadi gas yang dihasilkan oleh daya isapan atau kevakuman di ruang bakar.lalu, campuran bahan bakar dari karburator terisap masuk ke ruang bakar melalui intake manifold.
  A.   Klep in( masuk) terbuka: membuka saluran
         Campuran bahan bakar dari karburator ke ruang
         Bakar melalui intake manifold
  B.    Klep ex(buang) tertutup: menutup saluran buang
         Supaya isapan piston tidak bocor.
  C.    Piston bergerak dari TMA ke TMB dan
         Menimbulkan kevakuman di ruang bakar
  D.   Klep in dibuka sebelum TMA di tutup setelah TMB
         (lebih lama) untuk memaksimalkan pemasukan
         Campuran bahan bakar.
2 . langkah kompresi
        Pada langkah ini, terjadi pemadatan campuran
Bahan bakar di atas piston yang bertujuan untuk
Meningkatkan tekanan dan suhu.pembakaran
Campuran ini(beberapa derajat sebelum TMA) akan
Menghasilkan pembakaran yang sempurna dan
Ledakan yang besar,yang nantinya dapat mendorong
Piston ke bawah.
   A.   Kedua klep in dan ex dalam keadaan tertutup
          rapat supaya pemadatan campuran bahan bakar
         Tidak terjadi kebocoran.
   B.   Piston bergerak dari TMB menuju ke TMA, supaya
         bisa mendorong dan memadatkan campuran
         bahan bakar.
3.  Langkah usaha
          Ledakan dari proses hasil pembakaran
Mendorong piston ke bawah menuju TMB, dan di sinilah tenaga dari sebuah mesin bakar 4 tak dihasilkan.
    A.   Klep in dan ex dalam keadaan tertutup rsehingga
          Ledakan dari hasil pembakaran dapat dengan
          Penuh mendorong piston tanpa terjadi kebocoran
    B.  piston bergerak dari TMA ke TMB,karena
          Terdorong oleh hasil pembakaran yang berupa
         Ledakan , nantinya tenaga disalurkan ke kruk as
          Atau poros engkol melalui stang piston
4.   Langkah buang
          Sisa sisa hasil proses pembakaran didorong ke luar ruang bakar oleh piston menuju knalpot, supaya menghasilkan pembakaran yang sempurna pada langkah berikutnya.
     A.  Klep ex terbuka untuk membuka saluran buang
     B.  Klep in tertutup agar tidak bocor ke saluran
          Masuk
     C.  Piston bergerak dari TMB menuju TMA,
          Mendorong sisa sisa pembakaran keluar ruang
          Bakar melalui saluran exhaust manifold lalu ke
          Knalpot

Tidak ada komentar:

Posting Komentar